PKM-K Aksesoris

“CANGCO” KREASI AKSESORIS CANTIK DENGAN HIASAN ALAMI DARI DAUN ENTAL

A.     Latar Belakang

Ental atau dalam bahasa Latin disebut dengan barrosus sundaicus merupakan keluarga palma (palmacase), pohon ini tumbuh di daerah tropis dengan keadaan tanah yang kering serta curah hujan yang rendah/jarang. Walaupun berbentuk dan berfungsi sama dengan daun, ental tumbuh dengan proses yang khas, tunas keluar dari rimpang atau pucuk batang. Pada umumnya di Bali dikenal 3 jenis ental, yaitu (1) Ental Taluh, yang memiliki serat halus, lebih lebar dan panjang, (2) Ental Guak, memiliki serat agak kasar, lebar dan panjang sedang, (3) Ental Kedis, serat – seratnya halus, tetapi ukurannya terlalu kecil, panjang dan lebarnya kurang memadai. Jenis ental yang dipakai dalam aksesoris cantik ini adalah jenis ental taluh.

Pemanfaatan ental di Bali biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat sarana upacara adat, seperti sebagai hiasan pada penjor dan sarana upacara lainnya. Selain dapat dimanfaatkan sebagai sarana upacara, ental juga biasanya dimanfaatkan  sebagai kerajinan seperti tas, tikar, sandal, bunga hias, dan lain – lain.

Aksesoris yang biasanya ada di pasaran hiasannya terbuat dari perak, emas, kain, gabus, dan lain – lain dengan harga yang bervariasi sesuai dengan bahan dan kesulitan mencari bahan yang digunakan.

Sehingga kami berinisiatif membuat suatu kreasi baru dengan memanfaatkan ental sebagai aksesoris cantik yang menarik dalam bentuk bando, ikat rambut, bros, dll yang dapat mempercantik penampilan kita. Aksesoris ini termasuk aksesoris yang unik karena hiasan aksesoris tersebut terbuat dari bahan alami yakni daun ental. Seperti kita ketahui bahwa di Bali merupakan daerah pariwisata, dengan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup tinggi. Saat ini banyak sekali bermunculan art shop atau pusat oleh-oleh yang menjual berbagai macam aksesoris yang sangat diminati oleh para wisatawan. Melihat peluang tersebut, maka kami berkeinginan untuk memanfaatkan daun ental sebagai hiasan dasar aksesoris cantik untuk dipasarkan di art shop atau pusat oleh – oleh.

 

Untuk lebih lengkapnya silahkan klik di cover aksesoris cangco dan PKMK aksesoris 23.

semoga bermanfaat…..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s